HALAMAN

Sekretariat
KEPALA DINAS
Kepala Dinas mempunyai tugas pokok memimpin, merencankan, melaksanakan, mengawasi, mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dinas dalam menyelenggarakan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah dibidang Dinas Ketahanan Pangan. Kepala Dinas menyelenggarakan fungsi :
• Perumusan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;
• Pelaksanaan kebijakan daerah di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;
• Pengkoordinasian penyediaan infrastruktur dan pendukung di bidang 
ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;
• Peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;
• Pemantauan, pengawasan, evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan di bidang ketersediaan pangan, kerawanan pangan, distribusi pangan, cadangan pangan, penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan;
• Pelaksaanaan administrasi Dinas Ketahanan Pangan; dan
• Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.
 
SEKRETARIAT
Sekretariat Dinas dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas pokok memimpin, merencanakan, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan bawahan dalam penyusunan program dan pelaksanaan kegiatan yang meliputi urusan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian.  Sekretaris menyelenggarakan fungsi :
• Pengkoordinasian penyususnan rencana kerja tahunan dan penetapan kinerja lingkup dinas;
• Pengkoordinasian penyusunan Rencanan Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) dan program kerja dinas;
• Pelaksanaan pelayanan teknis administratif kepada seluruh unit kerja lingkup dinas; 
• Pengkoordinasian penyusunan standar pelayanan minimal dan standar prosedur tetap pelaksanaan kegiatan lingkup dinas;
• Perumusan dan penjabaran kebijakan teknis penyelenggaraaan administrasi umum, perencanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan;
• Pengkoordinasian penyusunan laporan pelaksanaan tugas dinas; 
• Pengkoordinasian Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian, Kepala Seksi dan melaksanakan tugas agar terjalin kerjasama yang baik;
• Pelaksanaan koordinasi, konsultasi dan sikronisasi penyelengaraan tugas kesekretariatan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan/atau Instansi terkait;
• Pelaksanaan pengaturan, pembinan dan pengelolaan administrasi umum, perencanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan;
• Pelaksanaan pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas kesekretariatan;
• Pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan tugasnya.
Sekretariat membawahi 3 (tiga) Subbagian yaitu :
• Subbagian Umum dan Kepegawaian,  mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan urusan ketatausahaan dan kearsipan; melaksanakan penyiapan bahan urusan rumah tangga dan perlengkapan; melakukan penyiapan bahan urusan ketatalaksanaan dan pengelolaan kepegawaian; melakukan penyiapan bahan urusan hukum dan perundang-undangan; melakukan penyiapan bahan urusan kehumasan dan pengelolaan informasi publik; melakukan penyiapan bahan penyimpanan, pemilahan, pemindahan dan penjadwalan retensi serta pemusnahan arsip; dan melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan
• Subbagian Perencanaan dan Keuangan, mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan rencana, program dan kegiatan; menyiapakan bahan dalam rangka perumusan kebijakan program dan pelaporan; menyiapakan bahan penyusunan anggaran; menyiapakan bahan monitoring dan evaluasi serta laporan kegiatan; menyiapakan bahan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan; dan menyiapakan bahan pengelolaan data dan kerja sama; menyiapakan bahan pelaksanaan urusan keuangan; menyiapakan bahan urusan akuntansi, verifikasi keuangan; menyiapakan bahan urusan perbendanareen, pengelolaan penerimaan negara bukan pajak dan pelaporan keuangan; menyiapkan bahan dan melaksanakan evaluasi realisasi anggaran; menyiapakan bahan pengelolaan dan penatausahaan Barang Milik Negara; menyiapkan bahan penyusunan laporan keuangan; dan melakukan tugas lain yang diberikan oleh Kepala 
Dinas.